KONDISI PEREKONOMIAN INDONESIA PADA MASA PEMERINTAHAN SBY

Kondisi perekonomian Indonesia pada masa pemerintahan SBY mengalami perkembangan yang sangat baik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh pesat di tahun 2010 seiring pemulihan ekonomi dunia pasca krisis global di tahun 2008-2009. Terbukti, perekoniam Indonesia mampu bertahan dari ancaman pengaruh krisis ekonomi dan financial yang terjadi di zona Eropa. Perekonomian Indonesia akan terus bertambah baik, tapi harus disesuaikan dengan kondisi global yang sedang bergejolak.
Berikut ini kondisi perekonomian Indonesia pada masa pemerintahan SBY :
A. Ekonomi
Pada pemerintahan SBY kebijakan yang dilakukan adalah mengurangi subsidi Negara Indonesia, atau menaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak), kebijakan bantuan langsung tunai kepada rakyat miskin, kebijakan menyalurkan dana bantuan BOS kepada sarana pendidikan yang ada di Negara Indonesia.
Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapai 5,5-6 persen pada tahun 2010 dan meningkat menjadi 6-6,5 persen pada 2011. Dengan demikian prospek perekonomian Indonesia akan semakin baik.
Pada pemulihan ekonomi global berdampak positif terhadap perkembangan sector ekspor nonmigas Indonesia yang pada triwulan IV-2009 mencatat pertumbuhan sekitar 17 persen dan masih berlanjut pada januari 2010.

B. Jumlah Penduduk Miskin
Sasaran pertama adalah pengurangan kemiskinan dan pengangguran dengan target berkurangnya persentase penduduk tergolong miskin dari 16,6 persen pada tahun 2004 menjadi 8.2 persen pada tahun 2009 dan berkurangnya pengganguran terbuka dari 9,5 persen pada tahun 2003 menjadi 5,1 persen pada tahun 2009.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekonomi Indonesia dalam Perspektif Hukum dan Realitas

3.2 TRI BOTTOM LINE (TIGA DASAR POKOK)

PERKEMBANGAN EKONOMI KREATIF YANG POSITIF